Sunday, November 12, 2006

Kerelaan Hati ... a choice

Sebuah perusahaan besar membuka tes untuk penerimaan staff baru dengan sebuah pertanyaan:
" Jika kamu sedang mengemudikan mobil sport di malam saat sedang hujan, kemudian kamu melintasi sebuah halte bus dg 3 orang yg sedang menunggu bus. Mereka adalah seorang nenek tua yg sekarat yg ingin pergi ke RS, lalu ada seorang dokter yg pernah menyelamatkan nyawa kamu, dan yg terakhir adalah orang yg ingin kamu jadikan kekasih. Jika kamu hanya bisa membawa satuorang penumpang saja, maka siapa yg akan kamu bawa...? "

Dari ratusan pelamar yg ngirim jawaban, rata2 ngasih jawaban dg alasan yg masuk akal. Ada yg mengutamakan nenek tua yg sekarat dg harapan dapat menyelamatkan nyawanya, meskipun kita semua tau kalo tiap yg bernyawa itu pasti bakal mati.
Ada juga yang memilih utk membawa dokter yg pernah menyelamatkan nyawa kita, itung2 sebagai bales budi, meskipun sebagian orang berpendapat kalo bales budi itu bisa kita lakukan nanti dengan bentuk yg lebih baik darisekedar nganterin pake mobil sport.
Beberapa orang percaya kalo kita 'gak akan pernah mendapatkan cinta sejati dari orang yg bener2 kita sayangin begitu kita ngelepasin kesempatan yg ada untuk mendapatkan cintanya, meskipun hanya mengantarnya dengan mobil pada saat dia sedang butuh. Walaupun kita sama2 tau kalo emang jodoh kagak bakalan kemana2.

Dari ratusan pelamar, ada satu yg diterima. Dia tidak memberikan alasan dari jawaban yg dia buat. Dia cuman nulis:
" Kasih kunci mobil ke dokter terus biar dia bawa nenek2 itu ke RS, sedangkan saya menunggu bus di halte berdua dengan gadis idaman saya".

Mungkin elo2 setuju kalo itu adalah jawaban terbaik, tapi 'gak satupun, termasuk gue yg bisa mikirin jawaban secemerlang itu (win-win solution).
Mungkin karena pada dasarnya kita 'gak pernah rela untuk mengorbankan kepunyaan kita yg kita sukai, dalam hal ini kunci mobil sport kita.....

No comments: